Cari Blog Ini

Selasa, 19 Maret 2013

Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak & Mengembalikan Data Yang Hilang

Data Recovery Wizard adalah sebuah program yang berfungsi untuk memperbaiki flashdisk rusak maupun untuk melakukan pemulihan data dari harddisk/drive serta media penyimpanan lainnya. Mungkin kedengarannya rumit pada awalnya, tapi setelah membaca panduan ini dan menggunakan Data Recovery Wizard, Anda akan menemukan bahwa program ini sangat mudah digunakan meskipun aplikasi ini terdengar cukup kompleks.

EaseUS Data Recovery Wizard dapat meemulihan data tingkat lanjut serta berguna untuk memperbaiki flashdisk rusak maupun dalam mengembalikan file yang terhapus baik secara sengaja ataupun tidak, mengembalikan file-file yang dikosongkan dari recycle bin, harddisk atau media penyimpanan lain yang terformat, atau mengembalikan data yang hilang akibat kesalahan suatu program di komputer, serangan virus, shutdown komputer secara paksa, dan sebagainya.

Berikut ini adalah pesan error yang sering muncul pada Windows jika USB drive, memori card, flashdisk, hardisk, atau berbagai media penyimpanan lain milik Anda mengalami kerusakan :

Invalid media type reading drive. Abort, Retry, Fail?
File system is displayed as "RAW".
Windows may show "disk not formatted. Do you want to format now?"
File names contain "weird" characters.
"Sector not found" messages.

Penyebab dari pesan error/kerusakan yang di atas adalah disebabkan oleh adanya partisi atau block ruang memori penyimpanan yang corrupt atau karena terkena virus.

Hal tersebut menyebabkan Anda tidak dapat mengakses dan membuka file seperti dokumen, foto, email, dan lain-lain. Jika Anda memeriksa properti dari drive itu sendiri, hal tersebut menunjukkan bahwa pada sistem terdapat masalah.

Anda akan dipandu langkah demi langkah melalui sesi pemulihan dengan mudah tanpa harus melakukan pengaturan rumit ini dan itu. Ini dimungkinkan karena analisis dan pencarian data yang hilang dilakukan secara otomatis di dalam internal program, sehingga Anda tidak memerlukan pengetahuan lebih ala teknisi komputer untuk bisa menggunakan software ini.

Anda dapat memulihkan folder dan file yang hilang karena sebab-sebab berikut:
• Disengaja (file yang dibuang ke recycle bin) atau penghapusan yang tidak disengaja.
• Serangan virus.
• Memformat harddisk atau media penyimpanan lainnya.
• Kesalahan penggunaan FDISK atau software partisi disk drive lain.
• Semua masalah kehilangan data secara non-fisik.
• Dapat memulihkan file dan folder dari diskdrive di mana komponen-komponen berikut telah rusak (atau bahkan jika benar-benar hilang)
Partition table (main atau extended)
Boot record (kadang-kadang disebut BIOS Parameter Block atau BPB)
File Allocation Table (FAT1 dan FAT2 pada file sistem menggunakan FAT12
• FAT16 dan FAT32)
Root folder
Master File Table

Spesifikasi kebutuhan minimum:
• Sistem operasi: Windows 8, Windows Server 2012, Windows 7 SP1, Windows Server 2008 R2 SP1, Windows 7, Windows Server 2008, Windows Vista, Windows Server 2003, Windows XP, Windows 2000
• Perangkat media penyimpanan yang didukung: IDE HDD, SATA HDD, SCSI HDD, FireWire HDD, USB HDD, External HDD, Hardware RAID, Floppy drive, USB flash drive, Compact flash card, Secure Digital card, Memory card/Memory stick, Micro card, Zip drive, iPod, Other storage media.
• File sistem yang didukung: NTFS, FAT32, FAT16, FAT12, EXT3, EXT2
• Kebutuhan minimum perangkat keras: RAM minimum 128 MB, disk space 32 MB.

Langkah instalasi dan pemakaian Easus Data Recovery Wizard:
• Download aplikasi Easus Data Recovery Wizard di sini, kemudian instal, setelah selesai proses instalasi pada PC atau laptop lalu jalankan aplikasi tersebut. Kemudian pilih Complete Recovery yang bisa didownload di sini untuk memperbaiki RAW USB drive recovery.
• Selanjutnya pilih jenis file yang ingin diperbaiki, pilih Search all lost files automatically untuk mencari file-file Anda yang hilang dengan berbagai macam file. Pilih Ignore bad sectors untuk mengabaikan bad sectors saat proses scan sedang berlangsung.
• Berikutnya pilih volume dari RAW USB drive kemudian klik NEXT untuk memulai pencarian, kemudian aplikasi ini akan menampilkan daftar dari volumes pada media penyimpanan. Setelah itu aplikasi ini akan menampilkan empat volume untuk proses perbaikan drive dan file. Setelah itu, lalu klik tombol Next, akan tampil Building Directory untuk proses pencarian file yang hilang, Anda akan melihat file serta folder yang sudah di-scan.
• Langkah terakhir pilih dan lihat preview dari file yang ditampilkan pada RAW USB tersebut, kemudian pilih tombol Next, lalu pilih direktorinya dan pilih tombol Next untuk menyimpan semua file tersebut.

Setelah Anda berhasil memulihkan file atau memperbaiki flashdisk rusak dari USB drive RAW kemudian menyimpannya ke media penyimpanan lainnya, Anda bisa melakukan format sekarang, dan kemudian memindahkan file tersebut ke USB drive atau media penyimpanan lainnya yang sudah di-recovery. EaseUS Data Recovery Wizard tersedia dalam dua versi, versi gratis dapat didownload Disini, versi berbayar bisa didapatkan Disini.

0c Guys,, selamat menc0ba & g00d Luck.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar