Cari Blog Ini

Selasa, 16 April 2013

Mengatur Bandwidth dengan DU Super Controler


Sebagai tukang warnet (istilah pengusaha warnet rasanya terlalu keren), mendapat banyak pelanggan alias client merupakan harapan yang utama. tapi di sisi lain, kalau komputer client kita penuh, otomatis traffic menjadi ramai dan paket bandwidth banyak terpakai. Apalagi kalau ada client yang doyan download. beuh..., keselnya minta ampun, Bisa-bisa bandwidth dia makan sendiri. Sedangkan yang lainnya menderita karena mengalami lilo (lila loading) atau yang maen game menjadi lag. Kalau ini dibiarkan, reputasi warnet bisa hancur karena dicap LILO.
Cari-cari di internet, ketemu sama makhluk yang namanya MIKROTIK. beuh...! pusing guy's...ane kagak ngerti. sebelum ane merelakan diri buat belajar mikrotik, ane nyari-nyari lagi di internet. ketemu dengan makhluk yang bernama Bandwidth Manager. dilihat dari  namanya, ini nih yang ane cari-cari. Tanpa basa-basi ane coba tuh software. Instalnya ga serumit Mikrotik, walau harus ada setting IP segala. dan bener....ternyata yang ini bisa batesin Bandwidth komputer client. Dan hebatnya lagi  semuanya bisa diatur dari komputer server/operator.
Tapi tak lama kemudian, ketahuan juga kelemahannya, dan ini cukup fatal. Ternyata eh ternyata.... bukan bandwidth koneksi internet doank yang berhasil dibatasi, Koneksi LAN pun ternyata ikut jadi terbatasi. Transfer data di LAN yang tadinya super cepat, kini lamanya laksana download di internet. tanpa ba bi bu.... ane pecat tuh software dari kompie ane.
Ane hampir nyerah dan besedia mempelajari Mikrotik. Tapi tak ada salahnya nyari makhluk sejenis yang lebih ok sekali lagi. Pesimis akibat ketidakberhasilan Bandwidth Manager, pas ketemu makhluk yang bernama DU Super Controller jadinya nggak berharap banyak.
Tapi pas baca manualnya, yang ini agak berbeda, alih-alih diinstal di operator, yang ini justru diinstal di setiap komputer client. Setelah diinstal, ternyata software ini benar-benar bisa membatasi bandwidth internet tanpa mengganggu koneksi LAN. Ane coba pake IDM yang rakus itu. juga berhasil dibatasi. Agan-agan nggak usah takut software ini diotak-atik sama client, karena ada passwordnya.. hehe
Cara instalnya ..?? mudah banget kok, pokoknya download aja dulu Disini, jangan lupa catat password rar-nya: 07062011tick.net

2 komentar:

  1. gan klo kecepatan speedy 3mb di bagi ke 12 user dah termasuk server kira2 per pc nya dapet berapa sy tdk mengerti itung2an kecepatan
    ...dan mohom ijin gan ane mau nyedot mahluk Du

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gni gan, 3mbx1000kb=3000kb:12= 250kbps/pc. Monggo wes n trims sdh mampir ke blog ane.

      Hapus